Solusi SD card yang terprotect

Soree kawaans, lama ayu engga ngepost nih.
Kali ini ayu cuma mau share.
Beberapa hari yang lalu, SD card saya keprotect. Bingung bangeett!
Awalnya, tiba-tiba aja SD card saya file-filenya ga bisa di delete, di cut. Dan waktu di masukkan di kamera ga bisa di pake. Yang muncul di kamera cuma tulisan "Card Write Protected"
Errr~ pusing banget nget, saya harus memutar otak gimana caranya supaya SD card ini bener,tapi ga bisa bisa,padahal udah segala macam cara udah gue coba. :D

udah coba tanya om google, sempet dapet artikel, pas udah saya coba sampe hampir tahap akhir, tetep ga bisa juga . Tapi, waktu saya ganti "keyword" saya pake bahasa asing, alhamdulillah bgt ketemu sama blognya orang luar yang senasib sama gue..(makasi yaa Allah)

Apa yang harus dilakukan ketika memory card terprotect?

Gini solusi yang saya coba.
Ternyata, di samping SD card itu ada slider, yang ternyata berfungsi untuk memprotect memory card kita tersebut.



ini coba lihat slidernya




Pastikan posisi slider-nya berada pada posisi yang tepat.
Unlocked position itu adalah posisi memory card normal(tidak terprotect)


Mudah kan caranya? Jadi kalian ga usah panik atau pusing lagi, baca artikel ini aja,hehe *tetep deh si ayu promosi*
Semoga bermanfaat :)

You May Also Like

48 komentar

  1. "luar biasa..."

    nuryan cerdas sekali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Akh Joko : aamiin yaa Allah,tapi harus banyak belajarlagi kok kak, makasi kak... :D

      Hapus
  2. tapi saya pernah mengalami hal yang sebaliknya, protektor itu sudah dol alias udah gak bisa diem...

    kesentuh dikit dia bergeser sendiri..

    lihat saya pada posisi terkunci (locked).. jika sudah DOL (apa sih namanya dol itu ya? tanya sama kawan yang berbahasa jawa pasti tau) kunci/lock itu kalo dimasukan ke dalam sebuah perangkan akan tersangkut dan bergeser menuju posisi lock..

    jadi harus diganjel.. :D

    *ane jadi bingung cara jelasinnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooo gituu, iya malah kebalik yaa :D

      hehe jangaan bingung kak, oohh yaaa saya ngerti kak artinya DOL, sering denger soalnyaa..hehe :D

      Hapus
  3. yaa alllaaahhh juragaannnn makaseehhh bangeetttt.................berguna kalii uyyy info nya...............ane ampe lieuurrrrrrrrrr nyariiii solusi kesana kemariiii

    BalasHapus
  4. makasi atas infonya.. berguna bangett
    :)

    BalasHapus
  5. tipsnya berguna banget. thanks ya udah bagi info.

    BalasHapus
  6. udah kaya sulap, padahal gua hampir beli lagi tuh SD. makasih sob buat infonya :D

    BalasHapus
  7. Udah strees nich googling ksana kmari tp blm ada hasilnya......mksh ilmunya mga b'hsl,cb duly aahh...

    BalasHapus
  8. ane nyari-nyari di tetangga kagak ketem
    eh ternyata dimari.

    makasih banget Gan,
    sukses selalu.
    ヽ(^o^)ノ

    BalasHapus
  9. kok ttep ga bisa ya :( pas di check tuh emng ga unlock.. lalu aku lock kmdn unlock lg tetep ga bisa :( ga semua foto ke protect, tp ga bisa di delete ga enak jg coz ini camera bole pinjem huaaaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gitu jalan satu2nya coba diformat aja kartunya. Soalnya pengalaman saya pernah seperti itu juga, foto ga kebaca dan ga bisa di delete, terpaksa diformat :(

      Hapus
  10. Balasan
    1. iyaps sama2, tapi saya mbak2 looo, bukan mas2,hihi :D

      Hapus
  11. gk bisa..
    Aku pake micro Sd gk ada kunci-kunci annya broo

    BalasHapus
  12. makasih infonya :D sangat membantu

    BalasHapus
  13. Gimana Kalo Switch nya tidak ada ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaah belum paham mbak, soalnya belum pernah tau kalo yang ga ada switchnyaa gmana :(

      Hapus
  14. Waduh.. Terimakasih banyak suhu!!! Ane hampir putus asa

    BalasHapus
  15. mw tnya lau swith nya udah patah gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo udah patah ya? belum pernah pengalaman kalo patah, mungkin bisa disambungkan dulu, kalo ga bisa baiklah beli yang baru *loohh*

      Hapus
  16. makasiiiii infonya.. barusan dicoba,, alhasil ga ousing lagiiii

    BalasHapus
  17. Thanks banget . haha padahal udah pusing ngutak ngatik di kamera, kirain kesalahannya di kamera hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, sama-sama mbak. Bisa mulai motret2 lagi nih mbak :D

      Hapus
  18. ko gagal ya? udah di lock di unlock pun ttep sama sd card nya klo d masukin data,"Thr Disk is write protectted" mulu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah sudah di coba untuk di format? Akan tetapi, melakukan format SD Card memiliki resiko kehilangan semua data pada SD Card.

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  20. saya juga punya masalah seperti anomin gmna yah solusinya kak tolong baantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah sudah di coba untuk di format? Akan tetapi, melakukan format SD Card memiliki resiko kehilangan semua data pada SD Card.

      Hapus
  21. hahaha,, padahal masalahnya sepele ya... Ya Ampun. Btw Thanks Soo Much :)

    BalasHapus
  22. Aku udh coba format ko ga bsa ya mba, ttp ad tulisan "card write protected" . Padahal cardnya dlm posisi unlock 😔

    BalasHapus